Mobil yang terlihat kotor tentu menjadi tak sedap dipandang, terlebih jika bodi mobil tertutup debu tebal. Debu yang menempel bisa disebabkan karena Anda mengendarai mobil melewati medan yang berat, sehingga mobil perlu dicuci agar kembali bersih dan kinclong.

Namun tahukah Anda, rupanya terdapat tips tersendiri dalam hal mencuci mobil. Pasalnya, tak sedikit yang salah kaprah dalam hal mencuci mobil. Karena itulah simak 3 tips mencuci mobil yang benar berikut ini.

Inilah Tips Mencuci Mobil Yang Benar

1. Bersihkan Mobil Menggunakan Air Bersih

Sebelum memulai mencuci mobil dengan sampo, pastikan Anda membersihkan terlebih dahulu mobil kesayangan Anda dengan menggunakan air bersih. Utamanya bagian bawah mobil seperti roda, velg, maupun kolong mobil. Namun hindari memercikkan air ke bodi mobil, karena dapat membuat bintik-bintik hitam atau kerap disebut jamur.

Jika bagian bawah telah usai, barulah beralih ke bagian atas mobil. Namun sebelumnya Anda dapat membuang debu atau kotoran terlebih dahulu dengan menggunakan vakum khusus atau serat mikro.

2. Semprotkan Air ke Arah yang Benar

Menyemprot air juga ternyata tak boleh sembarangan. Ketika Anda menggunakan semprotan berkecepatan tinggi, Anda dapat memiringkan semprotan air ke arah samping kiri atau kanan. Arahkan semprotan air dari arah atas ke bawah, dan hindari menyemprotkan air ke arah horizontal atau menyemprot air langsung ke arah depan tanpa memiringkan semprotan.

3. Gunakan Shampo yang Tepat

Anda juga perlu untuk menggunakan sampo yang tepat untuk mencuci mobil kesayangan Anda. Pilih sampo yang memiliki kemampuan pH balance atau tingkat keasaman dari air yang digunakan untuk mencuci. Karena tak sedikit yang kurang mengetahui berapa kandungan zat besi di dalam air yang dapat menyebabkan karat pada bagian bodi mobil.

Hindari menggunakan sampo yang mengandung bahan pembersih dengan kadar deterjen tinggi, misalnya kandungan yang sama untuk mencuci piring. Karena tentu lapisan cat serta pelindungnya berbeda dengan piring.

Hal yang Perlu Dihindari Ketika Mencuci Mobil

Hindari mencuci di bawah sinar matahari langsung, karena terik sinar matahari dapat mengeringkan sampo dan buih terlalu cepat. Hal tersebut berdampak pada noda sampo yang dapat tertinggal di bodi mobil. Selain itu, hindari mencuci mobil menggunakan spons pencuci piring maupun lap yang memang tidak didesain untuk mobil.

Itulah tips mencuci mobil yang benar. Semoga informasi tersebut bermanfaat!

Post Your Thoughts