February 27, 2024

Selalu dikaitkan dengan perawatan yang mudah, murah dan cepat, menjadikan oli diesel terbaik menjadi pilihan bagi kendaraan bermesin diesel di pasaran. Dalam memilih oli mesin diesel ini sendiri umumnya tidak sesulit yang dibayangkan. Akan tetapi jika Anda salah dalam penanganan, yang ada justru mesin diesel tersebut bisa semakin cepat rusak. Bahkan jika kondisinya sudah rusak, masalah biaya perbaikannya jauh lebih besar jika dibandingkan dengan biaya memperbaiki mesin mesin bensin. Oleh karena itu, disini Anda wajib tahu mengenai cara memilih oli mesin diesel berkualitas di pasaran berikut ini.

Pilih oli mesin diesel secara khusus

Apabila Anda menggunakan mesin kendaraan jenis turbo, maka ada baiknya untuk menggunakan oli mesin diesel khusus turbo. Hal ini wajib dilakukan lantaran mesin diesel turbo sendiri umumnya memiliki suhu yang jauh lebih panas sehingga memerlukan oli dengan tingkat ketahanan yang baik terhadap perubahan suhu yang terjadi. Adapun seandainya jika tidak menggunakan mesin turbo, maka Anda bisa menggunakan oli diesel apapun dengan viskositas yang tepat.

Perhatikan bahan material oli diesel yang dipilih

Tips selanjutnya yang tidak kalah penting untuk diperhatikan yakni Anda perlu memperhatikan bahan material oli diesel yang dipilih. sama halnya seperti pada oli mesin bensin, untuk oli mesin diesel ini sendiri memiliki 2 jenis bahan material yang biasanya digunakan untuk mesin diesel. Yang pertama yakni oli diesel dengan bahan dasar mineral dan yang kedua yakni bahan dasar full sintetik. Apabila semakin baik material oli diesel yang digunakan, maka akan semakin baik juga kualitas dari oli tersebut. Adapun yang perlu diingat yakni untuk mobil diesel modern sebaiknya menggunakan oli material full sintetik karena dapat memberikan perlindungan yang lebih baik jika dibandingkan dengan oli bahan mineral.

Selalu perhatikan mengenai viskositas oli

Sangat wajib bagi Anda untuk memperhatikan masalah viskositas oli mesin kendaraan. Tidak berpengaruh soal kondisi mobil yang masih baru ataupun sudah lama, viskositas ini sangat memberikan pengaruh soal keawetan untuk mesin mobil. Dalam menentukan viskositas yang baik ini, Anda bisa menerapkan beberapa cara mudah yakni sebagai berikut :

  • Viskositas 5w – 40

Cocok digunakan untuk mobil modern produksi di bawah 10 tahun dan biasanya sudah berbahan full sintetik.

  • Viskositas 5w – 30

Biasanya, oli ini sering kali digunakan pada mobil – mobil modern yang memiliki mesin turbo maupun mesin non turbo.

  • Viskositas 15w – 40

Umumnya sering digunakan pada mobil diesel yang usianya sudah lebih dari 10 tahun alias mobil tua yang memang tidak terlalu membutuhkan oli yang encer karena biasanya komponen dalam mesin sudah tidak terlalu presisi lagi.

Itulah tadi beberapa cara mudah memilih oli diesel terbaik di pasaran yang mudah untuk Anda terapkan sekarang juga. Bagi Anda yang mungkin masih bingung ingin menggunakan oli diesel apa, maka tidak ada salahnya mempercayakan penggunaan oli Idemitsu yang hemat dan ramah lingkungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *