February 26, 2024

Chatbot atau pesan bot menjadi salah satu contoh kemajuan teknologi yang dapat memudahkan pekerjaan manusia. Sebab, chatbot atau chartterbot ini mampu merespon perintah yang diberikan.

Jadi, misal pesan bot yang digunakan pada bisnis online, maka dapat digunakan pelanggan atau konsumen untuk mencari informasi seputar barang ataupun jasa ditawarkan. Sekarang ini, chartterbot juga memiliki berbagai jenis, untuk mengetahuinya bisa langsung simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Pengertian Chatbot AI

Nah, chatbot atau pesan bot dan mungkin ada yang menyebutnya dengan chat robot adalah layanan robot virtual untuk dapat melakukan kegiatan otomatis yang diperintahkan dalam bentuk chat, bisa pesan atau chat berupa tulisan hingga pesan suara.

Layanan ini dapat disesuaikan sesuai perintah diberikan, misal ada chatbot diprogram untuk melayani pelanggan saat berkunjung ke website bisnis, atau ada juga dengan program sebagai asisten pribadi seperti mampu menata jadwal, hingga sebagai layanan hiburan saja.

Contoh chatbot AI ini bisa sering ditemukan di berbagai website bisnis, misal Anda berkunjung ke sebuah website melihat kotak pesan. Nah, layanan fitur tersebut biasanya merupakan chatbot yang memungkinkan Anda untuk berkomunikasi dengan robot virtual.

Saat memberikan perintah pada chat tersebut, otomatis robot akan memberikan jawaban atau melalukan kegiatan paling relevan dengan perintah diberikan. Sekarang seiiring berkembang teknologi, makin banyak juga jenis dari pesawat virtual ini.

Jenis Chatbot

Berbagai jenis pesan bot (chatbot) bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Nah, berikut ini adalah beberapa contoh jenisnya.

1. Menu atau Tombol

Pertama bisa dibilang paling sederhana yaitu jenis menu atau tombol. Untuk jenis ini pada dasarnya memiliki konsep mirip pohon keputusan disajikan dalam bentuk tombol.

Untuk memberikan perintah, Anda dapat bisa klik menu atau tombol pilihan yang tersedia. Nantinya, chat bot akan memberikan respon atas perintah telah diberikan. Nantinya juga akan ada beberapa pilihan jawaban yang diberikan oleh chartterbot untuk mendapatkan jawaban atau pilihan akhir Anda sebagai penggunanya.

2. Machine Learning

Selanjutnya ada Machine Learning menggunakan chatbot AI alias menggunakan software artificial intelligence (AI). Dengan demikian, layanan pesan robot ini tergolong lebih kompleks, sebab lebih komunikatif dan interaktif yang didasarkan pada data dimiliki.

Sistem digunakan pada jenis ini adalah natural language understanding (NLU) dapat disesuaikan sesuai kebutuhan, dengan metode jenis bot contextual. Menariknya jenis ini pun mampu mengingat data yang sebelumnya diperoleh dari pengguna, misal menyimpan data pesanan pernah dibuat.

Sebenarnya masih ada banyak sekali jenis lainnya, seperti jenis menggunakan perintah suara, lalu berbasis keyword, hybri, dan sebagainya.

Penutup

Chatbot AI adalah layanan pesan robot pintar dengan kecerdasan AI. Dengan pesan bot AI memungkinkan penggunanya berinteraksi dengan robot pesan yang dirancang sesuai kebutuhan, termasuk memberikan perintah tertentu.

Berbagai jenis chatbot pun semakin banyak, mulai dari berbasis menu, machine learning, hingga yang mampu berinteraksi dengan pesan suara. Produk dari Verihub seperti Verilow dapat dimanfaatkan untuk balas pesan otomatis baik untuk website atau WhatsApp bisnis Anda..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *