Yamaha menjadi salah satu brand kendaraan bermotor yang sangat populer di Indonesia. Salah satu produknya yang cukup banyak mendapat perhatian adalah Yamaha TMAX DX, generasi baru dari seri Yamaha TMAX yang sudah dikeluarkan 2013 lalu.

Sebenarnya, akhir-akhir ini Yamaha memang sering sekali mengeluarkan skuter matic dengan premium berbodi besar. Contoh yang paling terkenal adalah Yamaha NMAX dan XMAX, keduanya bahkan mulai sering terlihat berlalu lalang di jalanan kota-kota besar sampai desa-desa di Indonesia.

Suspensi Dan Pengereman Yamaha Tmax Dx

Oleh sebab itu, demi memenuhi keinginan masyarakat terhadap skuter matic premium yang lebih mantap dan lincah di jalanan, Yamaha pun mengeluarkan Yamaha TMAX DX.

Seperti biasa, bodi Yamaha TMAX DX tidak kalah garang dari pendahulunya. Malah kini terlihat lebih ramping dan sangar. Fitur yang ditawarkan pun lebih canggih dengan spesifikasi mesin berperforma luar biasa.

Bagian paling penting dari sebuah kendaraan bermotor adalah mesinnya. Tanpa mesin, motor hanya berupa kerangka tanpa dapat dijalankan. Oleh sebab itu, untuk menunjang bodi besarnya, Yamaha TMAX DX juga dipasangi mesin bertenaga garang.

Mesin yang digunakan adalah Forward-inclined Parallel 2 silinder dengan teknologi DOHC. Kapasitasnya mencapai 530cc dengan 4 katup. Kapasitas yang besar tersebut membuat Yamaha TMAX DX bisa menempuh kecepatan menakjubkan di jalanan. Daya maksimum yang dapat dihasilkan mencapai 33.8 kW per 6.750 rpm, dengan torsi yang cukup kecil, hanya 53.0 Nm per 5.250 rpm.

Untuk sistem lubrikasinya menggunakan dry sump, sedangkan bahan bakarnya menggunakan fuel injection yang diklaim memberikan efisiensi bahan bakar, sehingga motor lebih hemat. Sistem pengapian sudah TCI, dan sistem starternya electric.

Selain itu, sistem transmisinya adalah V-Belt Automatic. Motor ini memiliki tangki dengan kapasitas mencapai 15 liter, yang mana kapasitas ini berkali-kali lebih besar dibandingkan dengan motor matic pada umumnya.

Kapasitas tangki yang besar, dan dilengkapi mesin canggih hemat bahan bakar, membuat Yamaha TMAX DX ini dapat digunakan dalam waktu yang lebih lama tanpa berkali-kali harus mengisi ulang bahan bakar.

Post Your Thoughts