Pasar LGCG atau low cost green car di Indonesia memang sudah terbukti lumayan menggiurkan. Di akhir tahun 2012, demi turut terjun di segmen mobil tersebut, Toyota merilis Agya. Toyota Agya memang memiliki ‘saudara kembar’, yakni Daihatsu Ayla yang menjadi hasil dari kolaborasi antara dua raksasa otomotif di dunia. Dalam waktu sebentar saja, Agya sudah mampu memikat para konsumen di Indonesia.

Kesuksesan dalam menggaet konsumen di Indonesia ini tentu tidak lepas dari berbagai kelebihan yang dimilikinya. Selain harga yang terjangkau, Agya masih memiliki senjata-senjata andalan yang layak Anda pertimbangkan ketika sedang mencari mobil yang tepat untuk keluarga. Berikut adalah beberapa kelebihan dari Agya.

Keunggulan Toyota Agya

Toyota Agya

1. Kabin yang hening

Varian Agya facelift memberikan kenyamanan para penumpang dengan kualitas kesenyapan kabin. Hal tersebut dikarenakan adanya tambahan peredam suara atau insulator yang terletak di balik dashboard dan kap mesin. Penggunaan material plafon juga akan meredam suara di bagian atap jika sedang turun hujan di tengah perjalanan. Anda bisa tetap nyaman di dalam tanpa gangguan suara-suara yang berisik.

Ketika melaju pada 80 kpj dengan gigi empat, kabin Agya varian 1.2 memang lebih hening 2,1 db dibandingkan dengan versi Agya yang terdahulu. Penambahan tingkat peredaman bunyi ini berhasil mengurangi suara mesin saat idle.

2. Getaran kabin yang lebih halus

Tidak hanya terbebas dari gangguan suara dari luar atau mesin, Agya juga menyuguhkan pengalaman minim getaran di dalam kabin. Hal ini tidak hanya dirasakan pada Agya 1.2 saja, namun juga Agya 1.0. Hal ini disebabkan Toyota telah mengubah rubber engine mounting dengan kualitas yang lebih baik. Khusus Agya dengan transmisi manual, terdapat beberapa penyesuaian pada transmisi dan membuat penyaluran tenaga saat perpindahan gigi menjadi lebih halus.

3. Suspensi stabil

Suspensi pada Agya juga terus-menerus mengalami peningkatan. Di varian terbarunya, mobil akan terasa lebih stabil, khususnya ketika dalam keadaan tikungan. Alasan munculnya hal tersebut adalah ternyata para insinyur Toyota telah mengatur ulang setelan suspensinya menjadi lebih keras. Tak hanya itu, Agya juga dilengkapi dengan stabilizer yang menghubungkan suspensi belakang bagian kanan dengan bagian kiri.

4. Drive by Wire

Hal berikutnya yang tidak boleh diabaikan begitu saja adalah adanya fitur drive by wire. Dengan teknologi ini, penyaluran tenaga dari Agya akan menjadi lebih halus. Selain itu, respons dari pedal gas akan diproses ECU terlebih dulu untuk mengurangi efek mengentak ketika melakukan akselerasi secara tiba-tiba.

5. Fitur keselamatan mumpuni

Lalu bagaimana dengan fitur keselamatan yang dimiliki Agya? Tentu saja tidak bisa dianggap remeh. Salah satu keunggulan produksi dari Toyota adalah adanya fitur keselamatan rem Anti-lock Braking System (ABS) dan juga dual SRS Airbags. Hal ini cukup penting mengingat para kompetitornya justru malah menghilangkan fitur ini untuk mendapatkan harga yang lebih murah.

6. Power window dan central lock

Saat ini, akan terlihat aneh jika sebuah mobil belum dilengkapi dengan central lock dan juga power window. Fitur ini memungkinkan pengemudi untuk membuka atau mengunci seluruh pintu dan juga menaik-turunkan kaca jendela. Beberapa jenis mobil bahkan hanya memiliki tuas pengaturan naik-turun jendela pada pengemudi saja sehingga penumpang tidak bisa leluasa untuk mengaturnya.

Harga Toyota Agya

Dengan kelebihan-kelebihan di atas, mungkin Anda akan membayangkan Agya dibanderol dengan harga selangit. Namun, kenyataannya adalah tidak. Untuk mendapatkan Agya, Anda hanya cukup mengeluarkan budget di kisaran Rp150.000.000,00 saja, sangat terjangkau untuk mobil keluarga dengan fasilitas yang baik.

Post Your Thoughts