Setiap orang pasti pernah mengalami diare dan rasanya sangat tidak nyaman. Selain perut terasa mulas, Anda harus bolak balik ke kamar mand untuk menuntaskan feses yang harus dikeluarkan. Umumnya, diare dapat pulih selama 2-3 hari dengan diimbangi air putih dan istirahat yang cukup.

Akan tetapi, tidak ada salahnya bukan menggunakan bahan alami berikut untuk mempercepat proses pemulihan diare? Terlebih, bahan-bahan tersebut sangat mudah ditemukan di sekitar kita.

5. Teh Jahe, Salah Satu Obat Alami Penyakit Diare

Teh Jahe

Sudah sejak dari dulu, jahe dikenal sebagai rempah herbal untuk mengobati berbagai penyakit. Salah satunya sakit diare. Hal ini karena obat herbal satu ini memiliki sifat antiradang, antinyeri, dan antibakteri. Ditambah lagi, jahe dapat menyehatkan sistem pencernaan dan meredakan rasa kembung maupun mual.

Khusus untuk mengobati diare, Anda bisa meracik teh jahe sendiri untuk diminum. Caranya, potonglah jahe menjadi beberapa irisan lalu direbus bersama air. Kemudian, minumlah air jahe rebusan tersebut untuk membantu mengisi kembali cairan tubuh yang hilang ketika diare.

Lada Putih

Saat memasak, lada putih adalah salah bumbu yang tidak boleh dilewatkan. Namun, tahukah Anda manfaat lain lada putih pada bidang kesehatan? Ya, lada putih dapat digunakan untuk mengobati sakit perut, diare dan kolera. Hal ini karena lada putih mengandung piperine yang terbukti ampuh untuk meredakan sakit dan mengurangi peradangan dalam tubuh.

Sebuah penelitian yang dipublikasi dalam The American Journal of Chinese Medicine pun menunjukkan baha konsumsi biji lada putih sangrai dapat mengurangi frekuensi sakit diare pada anak dibawah 2.5 tahun dan bayi secara signifikan.

Perlu Anda tahu, yang dimaksud lada putih adalah biji lada yang diolah saat sudah matang sempurna, lalu dikeringkan.

Air Putih

Saat diare, tubuh kehilangan cairan yang cukup banyak. Apabila tidak diimbangi dengan minum air banyak, akan menyebabkan tubuh dehidrasi. Maka dari itu, tingkatkan porsi cairan yang Anda minum paling tidak 1 liter/jam selama 1-2 jam. Utamakan, cairan yang diminum adalah air putih ya.

Masih ada lagi bahan alami yang efektif untuk obati diare. Jika tidak segera sembuh dan ingin penanganan intensif, hubungi klinik layanan kesehatan terdekat ya!

Post Your Thoughts