Perangkat elektronik laptop merupakan hasil perkembangan teknologi dari dulunya yang berbentuk personal computer (PC). Laptop didesain lebih ringkas dan mudah dipindah tempatkan. Akan tetapi, masih banyak laptop yang memiliki bobot cukup berat sehingga kurang praktis dibawa kemana-mana.

Belum lagi kebutuhan baterai yang cukup boros, menjadikan pengguna harus standby didekat sumber listrik guna keperluan charging. Lalu, bagaimana solusinya? Nah, Asus Zenbook 13 UX325JA hadir sebagai jawaban bagi Anda yang mencari referensi laptop ringkas disertai daya tahan baterai yang cukup besar.

Sangat cocok diaplikasikan oleh Anda dengan mobilitas tinggi. Seperti apakah spesifikasi Zenbook 13 UX325JA selengkapnya? Simak ulasannya di bawah ini.

Pilihan Laptop Minimalis Yang Mendukung Mobilitas Tinggi

Desain Bodi dan Keyboard yang Khas Zenbook

Asus seri Zenbook termasuk Asus Zenbook 13 UX325JA ini tak pernah lepas dari ciri khasnya berupa desain melingkar dibagian belakang yang disebut Zen. Hanya saja, bentuk Zen ini terletak disebelah logo Asus.

Lanjut pada material bodi Asus Zenbook satu ini terbuat dari aluminium alloy dengan desain diamond-cut yang presisi. Sebenarnya, desain konsepnya sudah bagus, hanya saja finishing dan tampilan terlihat biasa. Overall, Zenbook 13 UX325JA sudah terkesan mahal meski tidak ada yang spesial. Justru, keunikan dari Zenbook satu ini mengarah pada ketipisannya yang hanya 1.39 cm.

Tentu saja, dimensi yang tipis dari laptop ini membuatnya lebih ringkas dan tidak membutuhkan ruang banyak. Namun, Anda perlu menyesuaikan dengan ketersediaan 1 USB 3.2 Gen 1 Type 1 dibagian kanan. Ada pula port HDMI dan USB-C Thunderbolt 3. Perlu Anda tahu, dukungan Thunderbolt 3 dengan kartu grafis eksternal membuatnya bisa bekerja lebih berat seperti untuk bermain game, editing video, hingga desain 3D.

Layar 13 Inci dengan Teknologi NanoEdge Display

Sesuai namanya, Asus Zenbook 13 UX325JA memiliki ukuran layar cukup ringkas yaitu 13 inchi dengan dukungan NanoEdge Display. Bezel layar sangat tipis dengan screen to body ratio hingga 88 persen. Meskipun demikian, masih ada ruang sisa untuk 3D IR dibagian atasnya. Keunggulan lain dari layar laptop ini yaitu menawarkan resolusi besar 1920 x 1080 piksel dan panel IPS.

Performa Chipset yang Mumpuni

Seri Zenbook satu ini telah dibekali dengan prosesor intel core i7 1065G7 generasi ke-10. Kecepatannya 1.3 GHz hingga 3.9 GHz. Soal performa, tidak diragukan lagi. Pasalnya, berbagai pengujian menunjukkan hasil yang cukup bagus seperti kinerja stabil dan bekerja lebih cepat dengan clock speed yang rendah.

Dibekali Kartu Grafis Terintegrasi

Telah disebutkan sebelumnya bahwa laptop Asus Zenbook 13 seri UX325JA tidak dibekali oleh kartu grafis tambahan mengingat desainnya yang ringkas. Sebagai gantinya, laptop ini memiliki kartu grafis terintegrasi yang disebut Intel Iris Plus Graphics. Perlu Anda tahu, teknologi ini menawarkan performa lebih baik daripada Intel UHD dan tergolong dapat diandalkan.

Menariknya lagi, meskipun Intel Iris Plus lebih canggih, namun konsumsi dayanya sangat rendah. Oleh karena itu, akan sangat bijaksana jika tidak mengandalkan laptop ini untuk gaming. Akan tetapi, sekedar bermain game ringan populer bukanlah masalah.

Masih ada lagi fitur menarik yang menjadi keunggulan dari seri UX325JA ini, mulai dari daya tahan baterai yang panjang, hadirnya aplikasi Link to MyASUS, SSD tipe NVMe Pcle 3.0×4, hingga kualitas audio yang bagus. Tertarik? Dapatkan Asus Zenbook 13 UX325JA ini hanya di blibli mulai dari Rp13.595.000.

Post Your Thoughts