June 14, 2024

Sebagai job seeker, mendapatkan undangan interview dari HRD tentu merupakan hal yang menyenangkan. Terlebih, apabila setelah interview dinyatakan lolos dan bisa bekerja dalam waktu dekat. Kendati demikian, dalam melamar pekerjaan, kamu juga perlu strategi yang tepat supaya HRD tertarik dengan profil kamu.

Nah, kira-kira bagaimana tips diterima kerja yang tepat agar dipanggil HRD untuk interview? Tanpa basa-basi lagi, yuk, simak tips-tipsnya di bawah ini!

Buat CV yang simpel dan padat

Desain CV tidak perlu yang aneh-aneh. Cukup desain yang simpel, asalkan isinya mencantumkan keahlian-keahlian kamu secara spesifik. HRD tidak akan memakan waktu lama dalam melihat CV-mu.

Oleh karena itu, atur CV dengan baik supaya mudah dibaca oleh HRD.

Gunakan media sosial sebagai portofolio

Media sosial bisa dibilang menjadi salah satu sarana yang penting untuk dimanfaatkan saat melamar pekerjaan. Bagaimana tidak, media sosial seperti Instagram, LinkedIn, Twitter, dll bisa kamu jadikan sebagai portofolio kamu.

Oleh karena itu, jangan posting sembarangan di media sosial kamu. Sebab, HRD bisa melihatnya sewaktu-waktu. Usahakan, posting yang sesuai dengan keahlianmu.

Misalnya, kamu hobi foto. Posting saja hasil jepretan fotomu di Instagram.

Minta rekomendasi

Rekomendasi dariĀ  orang lain akan semakin membuat kualitasmu menarik di mata HRD. Kamu bisa meminta rekomendasi dari dosen kuliah ataupun temanmu. Dengan rekomendasi tersebut, HRD semakin percaya bahwa kamu orangnya berkompeten.

Ingat, minta rekomendasi yang baik dan sopan, ya!

Pakai alamat email yang profesional

Masih banyak sekali orang yang mengabaikan alamat emailnya. Sebisa mungkin, pakai alamat email yang profesional saat melamar kerja.

Hindari alamat email yang tidak sesuai dengan nama kamu. Sebab, hal tersebutt akan menurunkan profesionalitas kamu di mata HRD.

Tingkatkan skill

Terakhir, kamu juga perlu meningkatkan skill yang sesuai dengan keahlian kamu. Saat ini, sudah banyak sekali kelas online yang bisa kamu ikuti. Tinggal daftar salah satunya dan pelajari keahlian kamu. Hal ini tentu akan membuat value-mu semakin bertambah.

Itu dia lima cara agar kamu dipanggil HRD dan tips lolos interview. Selamat melakukannya dengan baik, ya! Semangat meraih karier impian!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *